Rabu, 06 Januari 2016

Babak Penyisihan Lomba Cerdas Cermat Agama Hindu VIII Tingkat SMA/SMK se-Bali Tahun 2016 Rayon Buleleng, As Always Smooth and Ordely

Minggu, 03 Januari 2015 Keluarga Mahasiswa Hindu Dharma Yowana Brahma Vidya Undiksha mengadakan babak penyisihan Lomba Cerdas Cermat Agama Hindu VIII Tingkat SMA/SMK se-Bali. Uniknya acara tahunan ini, dikemas berbeda tahun ini, yaitu dengan pelaksanaan babak penyisihan di lima rayon, salah satunya Kabupaten Buleleng. Kegiatan di Kabupaten Buleleng dapat dikatakan berjalan lancar dan tertib. Berikut laporan lengkap pelaksanaan kegiatan yang diliput oleh Tim Pers KMHD YBV Undiksha.
Kabupaten Buleleng rutin dari tahun ke tahun menjadi tempat penyelenggaraan Lomba Cerdas Cermat Agama Hindu VIII Tingkat SMA/SMK se-Bali. Babak penyisihan tahun 2016 rayon Buleleng berlangsung di gedung kuliah Fakultas Ekonomi dan Bisinis Universitas Pendidikan Ganesha. Ajang bergengsi ini dikuti oleh tiga puluh tiga Siswa/Siswi SMA/SMK yang berasal dari berbagai kecamatan di Kabupaten Buleleng.
Kegiatan ini diawali dengan presensi panitia yang dilakukan pada pukul 06.00 sampai 07.00 WITA dan dilanjutkan dengan presensi peserta pada pukul 07.00-08.00 WITA. Acara inti yang dijadwalkan akan dimulai pada pukul 08.00 WITA mengalami kemunduran, akibat keterlambatan kehadiran undangan serta adanya peserta yang muntah tepat di pintu masuk ruangan Technical Meeting. Acara inti akhirnya berlangsung 20 menit kemudian, diawali dengan sambutan dari pembawa acara, dilanjutkan Doa “Puja Tri sandhya dan sambutan dari Bapak Prof.Dr.I Made Sutama,M.Pd sebagai penasehat KMHD yang berkesempatan hadir. Pada pukul 08.35 Technical Meeting berlangsung selama kurang lebih 20 menit.
Babak penyisihan berlangsung selama 50 menit yakni dari pukul 09.15 – 10.05 WITA. Pelaksanaan babak penyisihan tertib dan aman. Sementara peserta sedang menjawab soal, para membina diarahkan untuk tetap berada di ruangan Techincal Meeting untuk mengisi kesan dan pesan mengenai jalannya Lomba Cerdas Cermat Agama Hindu VIII. Setelah sirine terakhir berbunyi yang menandakan waktu pengerjaan soal telah berakhir, peserta diarahkan untuk berhenti mengerjakan soal dan mengambil note book yang telah diberikan untuk mengisi kesan dan pesan. Setelah itu peserta dan pendamping memasuki acara bebas, mereka dipersilakan menunggu di tempat lomba sampai pengumuman hasil atau dipersilakan meninggalkan tempat.
Setelah itu lembar jawaban mulai dibawa ke ruang tabulasi untuk diperiksa oleh panitia yang bertugas. Waktu yang dibutuhkan untuk pemeriksaan hingga diperoleh 25 peringkat yang masuk ke babak semifinal yaitu 1 jam 55 menit. Mengapa begitu lama? Karena rekapitulasi nilai dari setiap rayon berpusat di rayon Buleleng. Setalah itu pengumuman hasil babak penyisihan dilakukan langsung di tempat pelaksanaan dengan menempelkan hasil tersebut di tempat pelaksanaan lomba. Selain itu, juga diumumkan melalui web resmi KMHD YBV Undiksha. Acara terakhir adalah melaksanakan rapat Evaluasi dan setelah itu melakukan bersih-bersih dan mengemas alat alat pada tempat pelaksanaan lomba. Tepat pukul 13.00 semua kegiatan pada babak penyisihan sudah slesai dilaksanakan, para panitia sudah mulai kembali ke rumah masing-masing.

Lalu bagaimana komentar peserta terhadap pelaksanaan LCCAH VIII kali ini? Berikut ini adalah beberapa kutipan pesan dan kesan dari peserta yang berhasil mencuri perhatian Tim Pers KMHD YBV Undiksha.  Komentar pertama datang dari  Wida Sudarmawan peserta dari SMA N 4 Singaraja yang mengatakan senang dapat mengikuti lomba ini, panitia sudah berkoordinasi dengan sangat baik serta berani mengadakan lomba dengan sistem rayon. Wida berharap kedepannya kegiatan ini terus dilaksanakan, sehingga bisa dijadikan sarana untuk meningkatkan sradha yowana Hindu. Hal senada juga diungkapkan Yumi peserta dari SMA N Bali Mandara, yang berkata, “this really amazing experience for me maybe it not just my feeling. Nice experience can join this competition until infinity happen. And say great also for the questions. Please make it more quiet don’t make any noise when the competition be hold. So not just the participant feeling grateful but also the committee”.
                                                                  Tim Pers KMHD YBV Undiksha

Tidak ada komentar:

Posting Komentar