Sabtu, 13 Juni 2015

“BTK” Pertemuan Bukan Hanya Milik Manusia


             Sore yang indah diwarnai dengan suara gamelan membuat suasana tenang di Parahyangan Kampus Tengah Undiksha. Hal ini membuat kita merasa tentram dan damai seakan tak ada masalah yang menghampiri. Pada hari Senin, 01 Juni 2015, tepatnya  pada Purnama Sadha seluruh civitas Hindu Universitas Pendidikan Ganesha melakukan persembahyangan. Hal ini memang rutin dilaksanakan oleh keluarga mahasiswa hindu Universitas Pendidikan Ganesha setiap Purnama, Tilem, dan hari raya keagamaan lainnya. Akan tetapi, ada yang spesial pada hari itu. Bertepatan dengan rahina Purnama Sadha, merupakan rahina piodalan di Parahyangan Kampus Tengah Undiksha. Oleh karena piodalan ini jatuh pada Purnama, maka piodalan ini merupakan salah satu kegiatan rutin yang dilaksanakan oleh umat Hindu di Undiksha setiap satu tahun sekali. Seperti piodalan pada tahun-tahun sebelumnya, piodalan ini dipersiapkan oleh seluruh pengurus KMHD YBV Undiksha. Piodalan merupakan kegiatan rutinitas agama Hindu pada hari-hari tertentu yang diyakini sebagai hari suci. Hari suci atau piodalan dipercaya oleh umat Hindu sebagai Betara Turun Kabeh (BTK) dimana Tuhan melakukan pertemuan dengan semua manifestasinya dan umatnya. Seperti yang kita ketahui tidak hanya manusia atau makhluk hidup saja yang melakukan pertemuan dengan sesamanya tetapi Tuhan juga melakukan pertemuan dengan segala menifestasinya. Pertemuan tersebut dilakukan pada hari raya suci atau piodalan.

         Persiapan menyambut hari piodalan ini dimulai dengan membuat ceniga dan gantung-gantungan yang dilakukan pada Sabtu, 30 Mei 2015 dan dilanjutkan dengan membuat kwangen pada Minggu, 31 Mei 2015 di sekretariat KMHD. Walaupun tempatnya kecil, tapi suasana senang tetap mewarnai sekretariat KMHD. Hal tersebut mencerminkan ketulusan hati pengurus KMHD dalam mempersiapkan piodalan dan rasa kekeluargaan yang masih sangat erat. Pada hari yang sama, pengurus KMHD YBV Undiksha mereresik di Parahyangan sekitar pukul 15.00 WITA. Begitu banyak suka duka yang dirasakan oleh pengurus KMHD ketika ngayah bersama. Terutama bagi pengurus baru, ini merupakan kali pertama mereka ikut ngayah setelah dilaksanakannya pelantikan pada hari Jumat, 29 Mei 2015. Banyak dampak positif yang dapat diambil dari kegiatan ngayah bersama ini. Tidak hanya untuk mempererat persaudaraan, namun juga melatih kesabaran.
            Tanpa terasa, tiba saatnya piodalan, Pengurus KMHD YBV Undiksha berkumpul pukul 15.00 WITA untuk ngayah di Parahyangan Kampus Tengah Undiksha. Saat ini, kita kembali berkumpul bersama untuk melaksanakan persembahyangan bersama. Sebelum itu, beberapa pengurus KMHD YBV Undiksha melaksanakan persembahyangan di sekitar lingkungan Kampus Tengah dan Kampus Bawah Undiksha yang dibantu oleh beberapa penasihat dan pemangku Undiksha. Selain itu, ada pula pengurus KMHD YBV Undiksha yang melaksanakan persembahyangan di Pura Agung Jagatnatha.
Memasuki areal Parahyangan, tampak deretan dari civitas umat Hindu Undiksha yang telah mengantri untuk masuk ke jeroan Parahyangan. Pukul 19.30 WITA, tiba saatnya mendak Ida Betara di Pura Kresek Undiksha. Gemuruh suara gong yang diikuti oleh mahasiswa Undiksha membuat suasana damai. Setelah itu, barulah dilaksanakan persembahyangan bersama di Parahyangan Undiksha yang diikuti oleh Rektor Undiksha, seluruh dosen dan mahasiswa Universitas Pendidikan Ganesha. Areal jaba tengah dan jeroan telah dipadati oleh ratusan umat Hindu hingga masih banyak umat Hindu lainnya yang mengantri. Hal tersebut menunjukkan betapa besar rasa syukur dan ketulusan hati dari umat kepada Ida Betara Sang Hyang Widhi Wasa. Ternyata bukan hanya manusia saja yang perlu mengadakan pertemuan, Ida Betara juga perlu mengadakan pertemuan denga manifestasinya dan umatnya. Setelah sesi pertama selesai baru dilanjutkan dengan sesi kedua. Saat sesi kedua banyak pula mahasiswa yang melaksanakan persembahyangan. Bahkan, menuju tengah malam pun masih ada mahasiswa yang datang untuk melakukan persembahyangan. Hingga pada akhirnya, pukul 24.00 WITA dilaksanakan upacara nyineb ke Pura Kresek Undiksha. Setelah itu, pengurus KMHD YBV Undiksha kembali ke Parahyangan Kampus Tengah Undiksha. Beberapa diantara pengurus KMHD YBV Undiksha mekemit di Parahyangan hingga pukul 06.00 Witadan sisanya kembali ke rumah masing-masing. Persembahyangan piodalan di Parahyangan Undiksha ini usai hingga dini hari dengan penuh hikmat.
Tim Pers KMHD YBV Undiksha


Tidak ada komentar:

Posting Komentar