Jumat, 07 Desember 2012

Menjadi Mahasiswa Berprestasi

Tentunya tak ada mahasiswa yang tak ingin menjadi mahasiswa berprestasi. Untuk bisa berprestasi, ada beberapa hal yang kiranya bisa dilakukan. Berikut tipsnya.
  1. Paham dengan manfaat dari sesuatu yang dilakukan
Memahami sesuatu yang kita lakukan merupakan hal yang sangat penting, karena tak jarang orang melakukan sesuatu namun tidak memahami manfaatnya. Untuk apa kita belajar giat? Untuk apa kita membaca buku-buku pelajaran? Untuk apa kita mengikuti organisasi kemahasiswaan? Jika kita sudah memahami manfaat dari hal-hal tersebut, tentu kita akan lebih termotivasi dan lebih bersemangat untuk mengerjakannya.
  1. Aktif di dalam kelas
Menjadi aktif dengan bertanya kepada dosen atau memberi pendapat dalam diskusi di kelas membuat kita terlatih untuk berkomunikasi di depan umum. Kemampuan komunikasi merupakan modal yang paling utama untuk mengahadapi tantangan masa depan.
  1. Berpikir kritis
Sebagai mahasiswa, kita tidak boleh begitu saja menerima informasi yang kita dapatkan. Kita harus mencari tahu kebenaran dari informasi tersebut agar tidak menimbulkan kesalahpahaman.
  1. Menyimak dengan seksama
Menyimak pernyataan dosen saat perkuliahan berlangsung akan membuat otak kita merekam informasi lebih lama. Catat juga poin-poin penting yang disampaikan pengajar agar kita mudah mengingatnya kembali apabila kita melupakannya.
  1. Mengikuti organisasi kemahasiswaan
Dengan mengikuti organisasi kemahasiswaan, kita akan terbiasa untuk bersosialisasi dengan orang lain. Ini akan mengasah kecerdasan sosial kita. Karena untuk menjadi mahasiswa berprestasi, tidak hanya kecerdasan di bidang pelajaran yang dibutuhkan, tapi juga kecerdasan sosial.




By: Indah

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar